Tuesday, March 20, 2012

Para Guru Mengeluhkan Kewajiban Mengajar 24 Jam

ilustrasi guru mengajar
Ada kekhawatiran bahwa ketentuan mengajar bagi guru seperti yang  telah ditetapkan sebanyak 24 jam mengajar (tatap muka) malah akan berdampak pada menurunnya profesionalitas terhadap guru itu sendiri. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa memberikan beban mengajar sedemikian banyak, yang semula bertujuan untuk mendongkrak performa guru, dan juga dalam rangka mengatasi kekurangan dan kelabihan jumlah tenaga pengajar, akan mengakibatkan guru tersebut mau tidak mau harus berusaha memenuhi jumlah jam mengajarnya. Dan salah satu cara adalah dengan mengajar pada lebih dari satu satuan pendidikan.

Hal tersebut diatas pun membawa dampak yang kurang baik lainnya, yaitu kacaunya sistem administrasi, dan pembiayaan yang membengkak, baik dari pemerintah ataupun dari guru itu sendiri. Dan yang pasti fokus pekerjaan dari guru tersebut menjadi tidak maksimal.
Namun harapan kita semua bahwa, kinerja para guru yang sangat mulia dalam mencerdaskan anak bangsa ini jangan sampai terkikis hanya karena masalah jumlah jam mengajar.






Berita selengkapnya bisa dibaca di kompas[dot]com

No comments:

Post a Comment